Software Terbaik untuk Para Mangaka dan Komikus

Software Terbaik untuk Para Mangaka dan Komikus

Software Terbaik untuk Para Mangaka dan Komikus

Software Terbaik untuk Para Mangaka dan Komikus– Mungkin saja kamu bisa jadi seperti siswi asal Mojokerto ini. Seorang siswi SMAN 1 Mojosari bernama Marsekal Aulia Putri Sulistijawan menunjukkan bakat menggambar dan hobi dapat mendatangkan berkah yang tidak untuk sangka-sangka. Siapa sangka kemampuan gambarnya dapat mendatangkan hingga Rp18 juta per bulan. Jangan berkecil hati. Tidak perlu iri dengan gadis tersebut. Pastinya, semua orang memiliki rezekinya masing-masing. Jika salah satu orang “bertangan emas” itu adalah kamu, apakah kamu siap untuk menapaki jalan untuk memuat karyamu di panggung manga dan anime internasional.

images?q=tbn:ANd9GcQk h2NoCsGc5ThZBOgSFsWGhtNt82I vLKLw&usqp=CAU - Software Terbaik untuk Para Mangaka dan Komikus

SYSTEMAX SAI Paint Tool

Kalau kamu suka menggambar manga, pastinya kamu tahu piranti lunak yang satu ini, yaitu Paint Tool SAI.  Mengembangkan oleh SYSTEMAX, perusahaan Jepang yang mendedikasikan piranti lunak ini untuk pembuatan manga dan anime, piranti ini adalah salah satu perlengkapan wajib jika ingin memulai karirmu. Ingin tahu bagaimana hasil karya senimu di SAI? Berikut proses pembuatan salah satu karya dari Pluvias berjudul “Tranquil”.

CLIP Studio Paint

Siapa seniman manga atau anime yang tidak tahu soal CLIP Studio Paint. Tidak mungkin! Pasalnya, piranti lunak besutan perusahaan piranti lunak untuk desain grafis asal Negeri Sakura, Celsys, ini adalah salah satu piranti lunak menggambar yang sering dipakai oleh para mangaka (seniman manga) profesional. Memiliki scanner dan sudah ahli dalam menggambar manual, segera pakai CLIP untuk menyempurnakan karyamu secara digital. Berikut adalah salah satu contoh demonstrasi penggunaan CLIP oleh webang.

Adobe Photoshop

Melansir dari http://status-med.com/  piranti lunak satu ini sering dikira hanya sanggup memanipulasi foto, sesuai namanya. Iya, piranti itu adalah Adobe Photoshop. Tetapi, ternyata, Adobe Photoshop bisa digunakan untuk membantumu menggambar. Sekarang, semakin banyak seniman manga dan komik yang beralih ke Adobe Photoshop. Dengan fitur dan “peralatannya” yang berlimpah, kamu bisa memulai karyamu dari awal hingga akhir di piranti lunak ini.

SmithMicro Manga Studio

Tidak kalah populernya dengan tiga piranti lunak menggambar sebelumnya, Manga Studio dari SmithMicro juga tidak ingin kalah. Tidak tanggung-tanggung, piranti lunak ini menyematkan “Manga” pada namanya. Artinya, piranti lunak satu ini memang diciptakan untuk memudahkan para mangaka. Dengan rentang fitur yang luas, kamu pun dapat mempertimbangkan Manga Studio sebagai piranti lunak utama untuk berkarya.

Comments are closed.