Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren – Android 11 merupakan versi terbaru dari sistem operasi mobile buatan Google, yang tersedia terlebih dahulu untuk perangkat terpilih seperti Google Pixel. Seperti biasa, update terbaru ini membawa sejumlah hal baru, entah itu penyempurnaan dari versi sebelumnya atau yang sepenuhnya baru.

Sementara tidak ada terobosan yang luar biasa tahun ini, Android 11 tetap hadir dengan beberapa fitur anyar yang bisa dibilang lumayan keren. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Perekam layar bawaan

android 11 screen recording hero 783febb657afb88e79346a2892ed7f0e - Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Dengan Android 11, kamu tidak memerlukan aplikasi perekam layar pihak ketiga karena itu telah langsung tersedia. Melansir dari laman  https://slot-online.games/ Fitur baru ini bisa ditemukan panel Quick Settings, namun untuk memunculkannya, kamu perlu tap ikon “pensil” lalu drag dan drop “Screen Record” di bagian manapun yang kamu inginkan di Quick Settings.

Ketika digunakan, fitur ini akan memunculkan peringatan bahwa perekaman akan turut merekam informasi sensitif seperti password dan detail pembayaran. Untuk lain-lain, kamu juga bisa menonaktifkan atau mengaktifkan perekaman audio dan menampilkan penanda sentuhan pada layar.

2. Notifikasi pesan terpisah

1592127089 android 11 conversations 2 43fa6fdf415e5ba4b22906daa9a7400a - Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Android 11 memperbaiki masalah notifikasi perpesanan yang sebelumnya menumpuk menjadi satu dengan notifikasi tidak penting lainnya. Melalui notifikasi yang lebih rapi, kini notifikasi dari SMS atau aplikasi perpesanan seperti WhatsApp akan dipisah dan diletakkan di bagian Conversations.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menandai beberapa notifikasi dari salah satu atau beberapa aplikasi sebagai prioritas. Namun jika kamu tidak ingin notifikasi dari aplikasi perpesanan masuk ke bagian Conversations, kamu bisa dengan mudah menghapusnya via Settings > Apps & notifications > Conversations.

3. Bubbles

android 11 beta chat bubbles whatsapp 1200x675 7b00c5c12a484559f14ff1b1d4dec894 - Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Jika kamu menggunakan Facebook Messenger, kamu pasti mengetahui soal ikon berbentuk gelembung yang adalah Chat Heads. Nah, fitur yang memungkinkan kamu dengan cepat masuk ke dalam percakapan hadir di Android 11 dengan nama Bubbles. Sama seperti Chat Heads, Bubbles milik Android 11 juga bisa bergeser ke sisi kanan atau kiri layar.

Ketika Bubbles di tap, itu akan memunculkan bar percakapan kecil yang membuatmu tidak perlu menutup aplikasi lain yang mungkin saat itu sedang kamu gunakan. Kamu juga bisa memilih percakapan mana yang akan hadir via Bubbles atau menonaktifkan Bubbles secara keseluruhan di Settings.

4. Kontrol rumah pintar

untitled 1 1f13dbe2932e2034cff9fdc8d3f3e0f2 - Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Dengan perangkat rumah pintar yang kini makin populer, Android ingin membuat kamu dapat mengaksesnya dengan lebih mudah. Android 11 memanfaatkan menu power yang selama ini kosong, dengan akses cepat untuk perangkat rumah pintar yang terhubung ke HP kamu.

Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu tekan dan tahan tombol power, lalu daftar perangkat rumah pintar yang terhubung akan muncul dalam bentuk panel yang bisa terkontrol. Dari situ, kamu bisa langsung melakukan hal seperti membuka pintu, mengubah kecerahan lampu atau mengatur suhu termostat.

5. Lebih banyak opsi perizinan

android 11 permissions 1200x675 3b71c065598ed85e8ca08bce152c4701 - Fitur Baru Android 11 yang Paling Keren

Perizinan di Android sangatlah penting dan Android 11 menyediakan lebih banyak opsi untuk itu. Kini ketika bar perizinan muncul, akan ada opsi baru yaitu Only this time. Jika memilih opsi itu, Android hanya akan memberi izin aplikasi terkait hingga aplikasi tertutup. Ketika tidak lagi membuka, aplikasi terkait tidak akan bisa menggunakan izin itu tanpa kembali meminta.

Tidak semua perizinan mendukung opsi ini, namun beberapa yang penting seperti lokasi, mikrofon dan kamera telah mendukungnya. Selain itu, kini Android juga bisa secara otomatis menghapus semua izin dari aplikasi tertentu jika kamu sudah berbulan-bulan tidak menggunakannya.

Comments are closed.