Hal yang Harus Disiapkan untuk Beasiswa GKS Korea

Hal yang Harus Disiapkan untuk Beasiswa GKS Korea

Hal yang Harus Disiapkan untuk Beasiswa GKS Korea

Hal yang Harus Disiapkan untuk Beasiswa GKS Korea – Korea Government Scholarship Program (KGSP) sekarang telah berubah menjadi Global Korea Scholarship (GKS) merupakan program beasiswa dari pemerintah korea untuk para mahasiswa asing. Banyak keuntungan yang akan kamu dapat jika berhasil mendapatkannya, mulai dari kuliah gratis sampai lulus hingga dapat uang saku setiap bulan.

Untuk kuotanya, setiap negara berbeda-beda. Indonesia tahun ini untuk undergaruate program jalur kedutaan mendapat kuota yang cukup besar, sebanyak 5 orang. Tak hanya undergraduate, GKS juga menyedikan bagi para lulusan sarjana (graduate) yang ingin melanjutkan studi ke Korea. Biasanya untuk kuota gradute program lebih banyak daripada undergraduate.

Selain itu, kamu juga bisa apply lewat univeristy track yang kuotanya lebih sedikit, namun tidak menutup kemungkinan jika diakhir akan ada penambahan peserta. Cukup menjanjikan, berikut hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa GKS!

1. Ijazah dan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris

Saat mau apply beasiswa, tentunya ijazah dan nilai sangat dibutuhkan. Karena kamu akan mendaftar beasiswa ke luar negeri, khususnya Korea, kamu harus menerjemahkan dua dokumen tadi ke dalam bahasa Inggris atau Korea.

Melansir dari  https://christian-mommies.com/ ketentuan nilainya sendiri yaitu untuk undergraduate program rata-rata keseluruhan nilai dari semester awal hingga akhir minimal 80 atau masuk ke dalam ranking 20 persen dalam satu kelas. Sedangkan untuk graduate program, minimal 2,64 dari skala 4,0. Namun, alangkah lebih baiknya jika rata-rata IPK kamu 3,0 atau lebih.

2. Dokumen kewarganegaraan yang sudah diterjemahkan dan dilegalisasi notaris

Untuk ikut beasiswa GKS ini kamu juga perlu menyiapakan akte, KK, dan KTP yang telah ditranslate ke dalam bahasa Inggris atau Korea. Selain itu, kamu juga harus menyertakan dokumen orang tua yang juga telah diterjemahkan. Selanjutnya, kamu harus melegalisir hasil transletan tersebut ke notaris terpercaya.

3. Tentukan jurusan dan kampus yang diinginkan

Sebagai informasi tambahan, Global Korea Scholarship ini memiliki dua jalur untuk pendaftarannya, satu lewat jalur embassy (kedutaan) dan yang kedua lewat university track. Ketentuan pemilihan jurusan dan kampus pun berbeda.

Untuk jalur embassy, kamu bisa memilih tiga kampus dengan tiga jurusan berbeda sekaligus. Namun, dari awardee penerima GKS menyarankan lebih baik memilih satu jurusan dengan tiga universitas berbeda. Perlu diingat, dari ketiga universitas yang kamu pilih, minimal harus ada satu universitas tipe B. Universitas tipe B sendiri merupakan universitas yang letaknya di luar kota Seoul.

Sedangkan jalur universitas, kamu hanya bisa memilih satu jurusan serta satu kampus. Dan sayangnya, university track ini hanya bisa memilih jurusan dari rumpun Natural Science dan Engineering.

Jadi kalau kamu mau ambil jurusan rumpun sosial, mau gak mau kamu harus daftar lewat jalur kedutaan ya!

4. Latihan menulis personal statement dan study plan

Meski hari pendaftaran masih jauh, lebih baik kamu berlatih untuk menulis personal statement dan study plan dengan baik. Untuk personal statement GKS, kamu akan diminta menceritakan background keluarga dan pendidikan kamu, kegiatan organisasi, ekstrakurikuler dan hal bermanfaat yang pernah kamu ikuti lainnya.

Untuk study plan atau rencana belajar, kamu akan diminta mengisi 3 section (merujuk guidlines GKS-U 2021). Rencana belajar tentang bahasa, goals belajar kamu, serta rencana masa depan jika kamu sudah lulus dari universitas di Korea.

Tentu hal ini akan lebih mudah, jika banyak berlatih dan sering melihat contoh penulisan personal statement dan study plan yang baik.

5. Surat Rekomendasi

Setiap pembukaan beasiswa GKS, kamu akan diminta untuk mengisi letter of recommendation atau surat rekomendasi dari seseorang. Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus siapa yang harus memberi surat rekomendasi ini. Namun karena ini beasiswa pendidikan, alangkah baiknya jika seseorang dari ranah pendidikan juga yang mengisi surat tersebut. Dengan catatan, beliau mengenal baik tentang dirimu.

Tips dari para awardee, untuk undergaruate program bisa meminta surat rekomendasi dari kepala sekolah serta satu guru yang kenal betul dengan dirimu. Sedangkan untuk graduate program, kalian bisa meminta rektor atu dosen untuk mengisinya, atau jika kalian mau menghubungi profesor yang ada di Korea itu akan lebih bagus. Tapi, tentu untuk hal itu butuh effort yang lebih.

6. Mulai belajar bahasa Korea

Dalam program beasiswa GKS, memang pihak NIIED akan menyekolahkan kita bahasa korea untuk satu tahun pertama. Akan tetapi, lebih baik jika kamu sedari dini sudah memulai belajar sedikit demi sedikit bahasa korea. At least, kalian harus bisa baca dan menulis hangul ya.

Comments are closed.