Tips Hidup Sehat untuk Orang-orang dengan Hepatitis C

Tips Hidup Sehat untuk Orang-orang dengan Hepatitis C

Tips Hidup Sehat untuk Orang-orang dengan Hepatitis C

Tips Hidup Sehat untuk Orang-orang dengan Hepatitis C, – Penyakit hepatitis adalah salah satu gangguan kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang. Hal ini karena penyakit tersebut bisa menyebabkan organ liver (hati) kehilangan fungsinya sama sekali, sehingga keselamatan jiwa penderita bisa terancam.

Hepatitis itu sendiri adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi virus pada liver. Penyakit tersebut terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E. Jenis hepatitis yang paling sering dijumpai di masyarakat adalah hepatitis A, B dan C.

Kalau kamu hidup dengan hepatitis C, biasanya penyakit ini membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Kamu harus membiasakan diri hidup sehat, yakni dengan cara-cara berikut ini:

Makan makanan sehat

Kalau kamu memiliki hepatitis C, makan makanan bergizi lengkap seimbang dapat membantu organ hati bekerja lebih baik serta mengurangi berkembangnya penyakit sirosis hati.

Pilihan makanannya adalah biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, susu rendah lemak atau produk susu lainnya, serta makanan berprotein sehat seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan kering.

Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan timbunan lemak di hati dan memperburuk komplikasi hepatitis C. Untungnya, menurunkan berat badan dapat membalikkan beberapa efek buruk tersebut.

Tujuan awal yang baik dari diet adalah menurunkan 10 persen berat badan kamu secara perlahan. Jangan sampai melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badan dengan cepat, nanti malah itu akan membebani kerja hati.

Jangan minum alkohol

National Health Service Inggris tidak menyarankan pasien dengan hepatitis C untuk sangat membatasi atau lebih baik lagi berhenti minum minuman beralkohol. Bukan tanpa sebab, alkohol dapat meningkatkan kerusakan pada hati.

Adanya virus hepatitis C mengurangi kemampuan hati untuk memecah alkohol dan menghilangkan produk sampingan toksiknya. Akibatnya, alkohol dapat merusak hati dan mempercepat sirosis.

Kelola stres dengan baik

Hidup dengan penyakit kronis seperti hepatitis C memang tak mudah dan sering kali bikin stres. Kalau kamu merasa stres, cobalah untuk meredakannya. Bisa dengan jalan-jalan sebentar, menarik napas dalam, meditasi, melakukan yoga ringan, atau melakukan hobi.

Selain itu, pastikan untuk istirahat cukup untuk mencegah dan mengusir kecemasan yang dirasakan. Bila punya masalah, jangan ragu untuk curhat dengan orang-orang terdekat yang kamu percaya dan selalu mendukungmu.

Tetap rajin olahraga

Olahraga teratur akan membantu meningkatkan kesehatan total dan mengelola efek samping obat seperti kelelahan dan depresi.

Tak perlu repot pergi ke gym. Olahraga intensitas ringan seperti joging, jalan santai, atau renang sudah cukup, setidaknya 30 menit setiap hari. Yang penting tubuhmu harus aktif terus setiap hari.

Berhati-hati dengan konsumsi suplemen

Suplemen banyak dikonsumsi karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun, produk suplemen, vitamin, atau herbal tertentu bisa berbahaya bagi orang-orang dengan hepatitis C.
Hindari konsumsi suplemen dengan kandungan komprei, kava, pennyroyal, valerian, dan mega dosis vitamin A, D, E, dan K. Jika kadar zat besi kamu tinggi, maka jangan konsumsi multivitamin dengan kadar zat besi dan vitamin C yang tinggi. Paling amannya, sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

Cara supaya hepatitis C tidak menular

Jika kamu menderita hepatitis C, pastinya kamu harus berusaha agar orang-orang di sekitarmu tidak sampai tertular. Berikut beberapa cara untuk mengurangi risiko penularan hepatitis C:

  • Menggunakan barang-barang pribadi seperti sikat gigi atau pisau cukur, untuk kamu gunakan sendiri;
  • Tidak berbagi jarum suntik dengan orang lain;
  • Tidak mendonorkan darah;
  • Risiko penularan hepatitis C melalui seks tergolong rendah. Namun, risikonya meningkat jika ada darah, seperti darah menstruasi.
Comments are closed.