Tips Memasak Tahu Krispi

Tips Memasak Tahu Krispi

Tips Memasak Tahu Krispi

Tips Memasak Tahu Krispi, – Popularitas tahu krispi seakan tak pernah surut. Gorengan murah meriah ini terasa begitu nikmat jadi camilan saat santai. Apalagi saat musim hujan seperti belakangan ini, benar gak?

Tahu krispi adalah jajanan yang cukup populer dan digemari oleh banyak orang. Camilan ini biasa dikonsumsi saat lagi santai ataupun sebagai tambahan lauk makanan.

Dilansir dari laman http://utowndc.com, Untuk membuat tahu krispi yang nikmat ada beberapa tips yang perlu diketahui dan dipraktikkan. Tahu krispi akan terasa renyah dan crunchy di luar, tetapi empuk di dalam.

1. Gunakan tahu yang bertekstur padat

Sebelum memasak tahu krispi, ketahui dahulu tahu jenis apa yang harus digunakan. Untuk membuat tahu krispi yang nikmat, gunakan tahu yang memiliki tekstur padat. Di Indonesia tahu yang memiliki tekstur cukup padat adalah tahu putih dan tahu kuning.

Tahu dengan tekstur yang padat ini memiliki kadar air yang hanya sedikit. Hal ini membuat jika tahu digoreng akan terasa lebih renyah.

2. Tekan tahu untuk mengurangi kadar air

Tahu biasa dikemas di dalam air untuk menjaga kesegarannya. Tak jarang dalam satu bungkusnya, air dapat menggenangi seluruh tahu. Ini membuat tahu basah dan mengandung banyak air. Untuk mendapatkan rasa renyah dan gurih saat memakannya, hal yang harus dilakukan adalah mengeringkan tahu.

Cara yang dilakukan untuk mengurangi kadar air tahu adalah pertama letakkan tahu di atas talenan yang sudah diberi tisu, dan tutupi tahu dengan tisu juga. Langkah terakhir, letakkan buku atau sesuatu yang tidak terlalu berat untuk menekan tahu sehingga kandungan air dalam tahu berkurang. Diamkan tahu kurang lebih 30 menit.

3. Lapisi tahu dengan tepung

Jika digoreng begitu saja, tahu akan menjadi kecokelatan dan sedikit renyah. Untuk mendapatkan sensasi rasa krispi yang tahan lama, lapisi tahu dengan tepung sebelum menggorengnya.

Tepung yang bisa digunakan adalah tepung maizena yang dicampur dengan merica dan garam. Usahakan lapisan tepungnya tipis dan buang tepung lebih yang menempel. Cara lainnya adalah lapisi tahu dengan tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam telur, lalu taburi dengan tepung panir.

4. Goreng dengan teknik deep frying

Saat menggoreng tahu, gunakan teknik deep frying atau goreng rendam. Ini adalah teknik menggoreng yang menggunakan minyak banyak, sehingga bahan makanan yang digoreng terendam seluruhnya.

Untuk hasil yang maksimal, usahakan minyak sudah dalam suhu yang cukup panas. Menggunakan teknik menggoreng ini akan membuat tahu crunchy di luar tetapi empuk di dalam.

5. Panggang tahu

Selain menggoreng, memanggang juga akan menghasilkan tahu krispi yang renyah. Sebelum memanggangnya, campurkan tahu dengan sedikit minyak. Setelah itu taburi tahu dengan tepung maizena. Gunakan lapisan tepung maizena yang tipis.

Sebarkan tahu di atas loyang panggang dengan cukup berjarak satu sama lainnya. Panggang selama 25 sampai 30 menit, atau hingga tahu berwarna kecoklatan.

***

Itulah tips memanggang tahu krispi yang nikmat dan gurihnya tahan lama. Yuk cobain, dan rasakan renyahnya tahu krispi seenak di restoran.

Comments are closed.